CTCS Newsletter June-August 2015

cropped CTCS Aceh

CTCS, akronim dari Center for Tobacco Control Studies adalah lembaga penelitian yang berfokus pada pengendalian tembakau dalam tataran lokal, nasional dan internasional dan berkedudukan di Banda Aceh. Lembaga ini terbentuk dari keprihatinan sejumlah akademisi Universitas Syiah Kuala dan beberapa praktisi dari berbagai keilmuan yang jengah akan tingginya jumlah perokok di ruang publik Aceh termasuk di lembaga pendidikan, seperti kampus dan mulai menggulirkan ide untuk mendirikan sebuah lembaga yang konsisten dalam mengkaji, meneliti dan mengedukasi masyarakat dan khususnya petani tembakau di Aceh untuk secara bersama hidup tanpa dampak negatif tembakau.

Melalui akta Notaris dan Kemenkumham, CTCS resmi berdiri pada tanggal 11 November 2011 dan tampil sebagai lembaga yang mengkhususkan diri pada kajian tembakau serta memiliki kantor di Toko Buku Guruminda Darussalam. Seiring waktu, CTCS bertransformasi di bawah kantor ICAIOS, Wisma PPSIB Universitas Syiah Kuala, Darussalam, Banda Aceh.

CTCS mulai melebarkan sayap dengan membuat website resmi di www.ctcs.acehresearch.org serta sosial media di Facebook dan Twitter sebagai sarana promosi, sosialisasi dan konsolidasi dengan berbagai elemen yang memiliki kesamaan visi dan misi dengan CTCS di Aceh.

Berikut adalah Newsletter pertama yang diterbitkan oleh CTCS. Newsletter dapat di download pada link di berikut: CTCS Newsletter June-August 2015

Kegiatan Workshop Film Dokumenter

PENYELENGGARA

Panitia penyelenggaran dari Aceh Documentary Film Festival (ADFF) bekerjasama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh dan International Center for Aceh and Indian Ocean Studies (ICAIOS).

PESERTA WORKSHOP
1. Mahasiswa Aktif
2. Peserta berjumlah 10 orang (masing-masing perguruan tinggi diwakili 2 orang)
3. Delegasi dari Perguruan Tinggi undangan. Terdiri dari:
- Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
- Universitas Syiah Kuala Banda Aceh
- Universitas Malikussaleh Lhokseumawe
- Universitas Teuku Umar Meulaboh
- Universitas Gajah Putih Takengon

SYARAT PESERTA
1. Merupakan delegasi yang diutus oleh Perguruan Tinggi
2. Memiliki Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)
3. Mendapatkan rekomendasi dari fakultas untuk mengikuti workshop
4. Memiliki pengalaman dasar tentang pembuatan film
5. Mengikuti seluruh proses workshop (partisipasi penuh)
6. Pernah mengoperasikan komputer/laptop serta kamera foto/video
7. Mampu menyediakan fasilitas sendiri, minimal laptop dan kamera

FASILITAS
· Trainer Profesional
· Konsumsi
· Sertifikat
· Flipchart & Markers
· Portable Screen
· Sound System + Mic
· dan fasiltas penunjang lainnya

WAKTU
Kegiatan workshop ini akan berlangsung selamna dua minggu dari tanggal 4-18 Juni 2014. Minggu pertama diisi dengan pembekalan materi mengenai film documenter dan minggu kedua adalah proses produksi film documenter.

TEMPAT
Workshop akan dilaksanakan di Gedung Seminar UIN Ar-Raniry Darussalam.
Ruangan tersebut sebagai ruang belajar bagi peserta workshop. Ruang ini juga menjadi bioskop mini yang akan menyajikan film-film dokumenter.

PENGINAPAN
Peserta akan disediakan tempat penginapan selama proses mengikuti workshop. Peserta laki-laki dan perempuan dipisahkan. Perlengkapan tidur dan mandi tidak disediakan oleh panitia (disiapkan masing-masing peserta)

PEMATERI
Workshop akan diisi oleh dua pemateri professional yang akan mengisi pembekalan materi mengenai film documenter dan terlibat dalam proses tahapan produksi film documenter.

DUKUNGAN TEKNIS
1. Kegiatan workshop ini akan diisi oleh beberapa orang tim teknis yang akan membantu proses pendampingan selama workshop dan produksi film documenter.
2. Peserta workshop nantinya akan dibagi dalam beberapa kelompok pada tahapan pembuatan film dokumeter.
3. Produksi film dokumeter akan diarahkan oleh tim teknis. Hal ini guna memudahkan pencapaian produksi tepat waktu.

DISTRIBUSI
1. Film yang diproduksi selama proses workshop akan diikutkan ke dalam Aceh Documentary Film Festival pada November 2014.
2. Film hasil produksi peserta juga akan dilibatkan dalam sejumlah festival film, baik lokal, nasional maupun internasional.
3. Televisi lokal dan nasional bila terbuka kerjasama untuk penayangan.

PENDAFTARAN
- Peserta bisa mendapatkan formulir pendaftaran dengan cara menguduh (download) di www.acehresearch.org atau mengambil formulir di Sekretariat ICAIOS, Gedung PPISB, Jl. T. Nyak Arief Darussalam, 23111.
- Formulir dikirimkan ke alamat Sekretariat ICAIOS

Call for Article
ICAIOS welcomes scholars and researchers to publish scientific or popular articles. See the article guideline HERE

Want to get more involved with ICAIOS activities?
If yes, complete the form here

Also check our latest Public Discussion and Guest Lecture Series videos
Subscribe us on Youtube  

iconKM2

Links

logoGlobedlogo eossmeruccis logo newIDRPerakSmall logo1