Pengumuman 5 Finalis Sayembara Film Pencegahan Radikalisme

Selamat kepada para Finalis

ICAIOS' Activities in May 2014

mei2014

Activities including:
1. In progress workshop Toyota Foundation Project
2. Aftermath of Aid (AoA) EOS-NTU Project
3. ICAIOS V Conference meeting preparation
4. Enumerators training for EPRA-ACDP Project
5. Enumerators training for AoA Project
6. DFAT Australia's representative visit
7. Students' Peace Club from USM visit

ICAIOS Cetak Etnografer Aceh Melalui Pelatihan Etnografi

etnografi

Serial Rangkang Manyang VIII (short course) ICAIOS "Pelatihan Etnografi" telah berlangsung dalam tiga sesi, yaitu setiap hari Senin, 29 April, 5 dan19 Mei 2014.
Pelatihan yang langsung dipandu oleh etnografer ternama dari Belanda, Dr. Annemarie Samuels (University of Amsterdam, Netherland), menyajikan materi pengenalan dasar penelitian etnografi, yaitu membuat proposal penelitian, membangun pertanyaan penelitian, tehnik wawancara dan probing, hingga peserta diharuskan melakukan penelitian lapangan (field work) untuk mengumpulkan data.
20 peserta dari berbagai latar belakang berbeda (dosen, pegawai pustaka, LSM, dan umum) mengikuti secara intensif pelatihan ini. Temuan yang peserta dapatkan di lapangan dibuat dalam bentuk tulisan etnografi, yang kemudian dipresentasikan bersama dalam kelas. Output akhir dari pelatihan ini berupa kompilasi semua hasil penelitian peserta ke dalam sebuah buku yang akan difasilitasi oleh ICAIOS.

In-Progress Workshop TF Project: Peneliti ICAIOS Diseminasi Hasil Field Work

TF

Peneliti ICAIOS mendiskusikan temuan lapangan atas tujuh studi kasus di enam kabupaten di Provinsi Aceh, Aceh Besar, Banda Aceh, Aceh Jaya, Aceh Barat, Aceh Tengah, dan Aceh Utara. Kegiatan field work ini merupakan bagian dari Project Toyota Foundation, yang bertujuan mengidentifikasi berbagai proses pembangunan dan keberlanjutan konsensus dalam penyelesaian berbagai isu/konflik lingkungan yang ada di Aceh.
Studi kasus project ini meliputi, kasus PT LSI vs komunitas di Lhoknga; Kasus Perusahaan Kayu vs Masyarakat di Lamteuba; kasus nelayan vs nelayan di Peukan Bada, Aceh Besar; kasus PT Botswa vs masyarakat di Krueng Sabee, Aceh Jaya; kasus nelayan vs nelayan di Meulaboh; kasus peternak vs pemilik kebun di Uber-Uber, Aceh Tengah; dan kasus PT Pulp and Paper vs masyarakat di Nisam, Aceh Utara,
Workshop ini difasilitasi langsung oleh Prof. Arskal Salim dari University of Western Australia (UWA) dan Dr. Saiful Mahdi, M.Sc (ICAIOS).
Output lanjutan dari temuan lapangan ini adalah penyusunan policy brief dari proses consensus building tersebut yang diharapkan dapat menjadi lesson learnt bagi kasus serupa di wilayah atau negara lain.

Indoor Tour Dutch Heritage bersama ICAIOS

dutchInternational Centre for Aceh and Indian Ocean Studies (ICAIOS) gelar Diskusi Publik dengan tema ‘Indoor Tour Dutch Heritage” yang dilaksanakan Jumat sore (9.5.2014). Tur yang dilakukan lain dari biasanya ini (di dalam ruangan) telah membawa seluruh peserta diskusi seakan dikembalikan pada zaman kolonial Belanda. 

Indoor Tour ini dipandu langsung dengan narasumber Anton Stolwijk (MA Jurnalisme dan Kolonial Belanda Sastra - Universitas Leiden, Cape Town University, Indiana University) dan Dr. Annemarie Samuels (University of Amsterdam, the Netherlands). 

Anton yang dibantu untuk translasi oleh Annemarie Samuel, memperkenalkan tujuh situs bersejarah masa Kolonial yang sudah terpilih yang akan dimasukkan di dalam aplikasi tur audio yang sedang dirangcangnya. Situs sejarah kolonial ini merupakan infrastruktur yang sangat baik untuk menarik pengunjung domestik dan internasional dan menunjukkan minat sejarah kolonial di Aceh. Situs yang diperkenalkan termasuk bangunan Belanda yang berada di dekat Putroe Phang, Neusoeh Barrack (Barak yang berada di Neusu), Telephone Office yang letaknya berdekatan dengan Mesjid Raya Baiturrahman, Kratonlaan (Keraton yang berada dekat dengan Pendopo), Military Hospital (bangunan yang berada di Kuta Alam), Water Pump (berada di dekat RS.KESDAM), dan Kerkhof.
Tur ini akan tersedia sebagai aplikasi di smartphone Android secara gratis yang diperkaya dengan ilustrasi dan terdapat dalam pilihan Bahasa Indonesia, Belanda dan Inggris. (np)

 banner 001

 

Call for Article
ICAIOS welcomes scholars and researchers to publish scientific or popular articles. See the article guideline HERE

Want to get more involved with ICAIOS activities?
If yes, complete the form here

Also check our latest Public Discussion and Guest Lecture Series videos
Subscribe us on Youtube  

 

 

 

 

Popular Article

"Cadarisme" dalam Islam Wasatiyyah
by : Nisa Khairuni
nisaa


Vitamin C untuk Penggemar MedSos
by : Rizanna Rosemary
buIjan edit


Habaib in Southeast Asia: A Review
by : Nia Deliana
nia


 

 

 

 

 

iconKM2

Links

logoGlobedlogo eossmeruccis logo newIDRPerakSmall logo1