TAMU DARI OBERLIN SHANSI KUNJUNGI ICAIOS

[ICAIOS] Elaine Vukof, Associate Director of Oberlin Shansi, USA, bertamu ke ICAIOS, Rabu (12/4/2017). Direktur ICAIOS, T. Zulfikar, bersama dengan Anton Widyanto, Program Manager, para peneliti dan Program Assistant ICAIOS menyambut kehadirannya. 

Dalam pertemuan semi formal yang digelar sekitar 30 menit, secara khusus Elaine menyampaikan rasa terima kasih kepada ICAIOS yang telah menerima kunjungannya. Dia juga membawa pesan khusus Prof. Jennifer Fraser, dari Oberlin Shansi, bahwa direncanakan pada bulan Januari 2018 akan ada rombongan tamu yang berkunjung ke Aceh. Rombongan tersebut terdiri dari empat profesor yang memiliki keahlian dari beragam disiplin ilmu dan delapan mahasiswa yang fokusnya adalah ingin meneliti bencana alam dari berbagai macam perspektif. 

Read more: TAMU DARI OBERLIN SHANSI KUNJUNGI ICAIOS

Information Brokers Versus Perpustakaan

Tahukah anda apa itu information brokers ? dan apa hubungannya dengan Perpustakaan?

Information brokers adalah para penjaja informasi yang memperdagangkan informasi secara luas dan bebas. Konsep perdagangan informasi ini, pertama kali diperkenalkan di Paris oleh S’il Vons Plait pada tahun 1940-an, sebuah perusahaan perdagangan yang memberikan jasa layanan menjawab cepat melalui telepon atas berbagai macam pertanyaan dari para pelanggan secara bulanan (Kalba, 1977), meskipun pelayanan serupa telah dilakukan di Budapes Telepon Newpaper, Hungaria pada tahun 1923. Bahkan, ide formal jenis pelayanan serupa di Amerika Serikat sudah ada sejak beberapa dekade sebelumnya. Sekarang di kota-kota besar hampir seluruh dunia memiliki jenis pelayanan informasi dengan tujuan komersial. Contohnya, Information Resources, Information Unlimited, PDBI dan sebagainya
     

Read more: Information Brokers Versus Perpustakaan

Layanan Jasa dan Sumber Informasi Perpustakaan ICAIOS-PPISB Unsyiah

Layanan jasa peminjaman adalah pelayanan yang diberikan perpustakaan kepada pengguna dalam bentuk meminjamkan koleksi atau sumber informasi selama beberapa waktu, misalnya sehari, dua hari satu minggu atau bisa juga lebih. Pengguna atau masyarakat pengguna diperbolehkan membawa pulang bahan-bahan bacaan milik perpustakaan selama waktu yang telah ditetapkan.

Salah satu contoh, ketika Kartika (nama samaran) salah satu peneliti di Banda Aceh, sedang mencari bahan rujukan tentang adat dalam masyarakat Aceh. Beberapa hari yang lalu, Kartika sudah mencari dan menemukan beberapa rujukan buku terkait bidang penelitiannya tersebut, namun rujukan dalam bentuk hasil penelitian belum dia temukan. Dari informasi yang dia dapatkan dari seorang teman, bahwa Pusat Penelitian Sosial ICAIOS dan PPISB Unsyiah, juga memiliki sebuah perpustakaan khusus dengan ragam koleksi  ilmu social science dan Budaya Aceh. Tanpa menunggu lama Kartika pun datang mengunjungi Perpustakaan ICAIOS-PPISB Unsyiah yang masih berada di seputaran kampus Unsyiah dan UIN Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh.

Read more: Layanan Jasa dan Sumber Informasi Perpustakaan ICAIOS-PPISB Unsyiah

10 Tahun Tsunami : Bangkit Dari Titik Nol

     Tsunami genap berusia  satu dasawarsa pada pada 2014 yang lalu. Ada banyak kisah dari peristiwa bencana yang  bisa digali sebagai suatu bentuk  pembelajaran; bagaimana masyarakat Aceh terus berjuang untuk pulih dari trauma bencana; bagaimana membangun fisik setelah 10 tahun ini berlangsung di Aceh; sejauh mana bencana telah mempengaruhi rencana strategis pemerintah pusat dan daerah terhadap wilayah; serta bagaimana pengaruhnya terhadap bisnis dalam upaya pemulihan perekonomian.

     

Read more: 10 Tahun Tsunami : Bangkit Dari Titik Nol

Online Retrival System pada Perpustakaan ICAIOS-PPISB Unsyiah

Online Retrival System atau sistem penelusuran informasi di era globalisasi sekarang ini lebih merupakan bisnis daripada untuk kegiatan pelayanan sosial. Informasi yang ditawarkan dari pusat-pusat data di berbagai tempat di luar negeri dan dalam negeri, bisa diterima secara langsung melalui lembaga-lembaga pelayanan terdekat dengan pengguna informasi. Sistem online ini merupakan akses cepat terhadap berbagai kutipan, dan abstrak dari database khusus, bahkan ada juga sistem penelusuran ini yang bisa mengakses full text atau lengkap, seperti artikel majalah, dan buku teks. Kekuatan sistem penelusuran online ini diperkirakan akan menggantikan sistem penelusuran dengan menggunakan katalog, bibliografi, dan kutipan majalah, karena sistem ini menawarkan banyak kemudahan.

Perpustakaan ICAIOS-PPISB Unsyiah saat ini telah membuka akses penelusuran informasi secara online, baik melalui OPAC (Online Public Access Catalogue); Unsyiah Union Catalogue (UUC) dalam Portal Aplikasi Unsyiah maupun melalui Indonesia One Search (OIS). Kamudahan dalam mengakses informasi ini bertujuan untuk membantu pengguna mengenali sumber-sumber informasi dalam menghadapi ledakan teknologi dan informasi ilmiah.

Penelusuran online atau OPAC Perpustakaan ICAIOS-PPISB Unsyiah, dapat di akses pada link berikut ini : www.opac.acehresearch.org

Read more: Online Retrival System pada Perpustakaan ICAIOS-PPISB Unsyiah

Call for Article
ICAIOS welcomes scholars and researchers to publish scientific or popular articles. See the article guideline HERE

Want to get more involved with ICAIOS activities?
If yes, complete the form here

Also check our latest Public Discussion and Guest Lecture Series videos
Subscribe us on Youtube  

 

 

 

iconKM2

Links

logoGlobedlogo eossmeruccis logo newIDRPerakSmall logo1