Online Retrival System pada Perpustakaan ICAIOS-PPISB Unsyiah

Online Retrival System atau sistem penelusuran informasi di era globalisasi sekarang ini lebih merupakan bisnis daripada untuk kegiatan pelayanan sosial. Informasi yang ditawarkan dari pusat-pusat data di berbagai tempat di luar negeri dan dalam negeri, bisa diterima secara langsung melalui lembaga-lembaga pelayanan terdekat dengan pengguna informasi. Sistem online ini merupakan akses cepat terhadap berbagai kutipan, dan abstrak dari database khusus, bahkan ada juga sistem penelusuran ini yang bisa mengakses full text atau lengkap, seperti artikel majalah, dan buku teks. Kekuatan sistem penelusuran online ini diperkirakan akan menggantikan sistem penelusuran dengan menggunakan katalog, bibliografi, dan kutipan majalah, karena sistem ini menawarkan banyak kemudahan.

Perpustakaan ICAIOS-PPISB Unsyiah saat ini telah membuka akses penelusuran informasi secara online, baik melalui OPAC (Online Public Access Catalogue); Unsyiah Union Catalogue (UUC) dalam Portal Aplikasi Unsyiah maupun melalui Indonesia One Search (OIS). Kamudahan dalam mengakses informasi ini bertujuan untuk membantu pengguna mengenali sumber-sumber informasi dalam menghadapi ledakan teknologi dan informasi ilmiah.

Penelusuran online atau OPAC Perpustakaan ICAIOS-PPISB Unsyiah, dapat di akses pada link berikut ini : www.opac.acehresearch.org

Portal Aplikasi Unsyiah-Unsyiah Union Catalogue (UUC) http://uilis.unsyiah.ac.id/uuc/

Indonesia One Search : http://onesearch.id/Repositories/Ios

Pengguna dapat mencari informasi atau buku melalui keyword, subyek, judul buku dan nama pengarang. Sistem penelusuran akan menampilkan informasi bibliografi tentang buku yang dicari. Pengguna dapat merekam informasi tersebut dan mencari berdasarkan call number yang disajikan. Apabila buku tersebut menyediakan versi pdf maka pengguna bisa mendonwload secara full text buku pdf tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua (Evi)

 banner 001

 

Call for Article
ICAIOS welcomes scholars and researchers to publish scientific or popular articles. See the article guideline HERE

Want to get more involved with ICAIOS activities?
If yes, complete the form here

Also check our latest Public Discussion and Guest Lecture Series videos
Subscribe us on Youtube  

 

 

 

 

iconKM2

Our Partners

logoGlobed   logo eos  smeru  ccis IDR Perak logo1  ctcs

   PPISB  

pascasarjanauin

  GIZ