Master Class: Metode Studi Islam

Master Class
Metode Studi Islam
Bersama Prof Al-Yasa Abubakar

  • Deskripsi perkuliahan

Meskipun beragama Islam, belum tentu penganutnya memahami ajaran dan keilmuan Islam itu sendiri selain hanya hanya memahami dan mempraktekan ibadah ritual seperti shalat dan berhaji. Perkembangan publik saat ini cenderung mempelajari, menerima, menyampaikan dan memperaktekan Islam tanpa memahami kaedah-kaedah agama dan keilmuan Islam itu sendiri. Keadaan ini berdampak pada kekeliruan dalam memahami Islam yang berujung pada kekeliruan berpikir dan bersikap secara personal maupun sosial.
Master Class (MC) ini akan mendiskusikan pegantar tentang kaedah-kaedah mempelajari dan memahami studi-studi keislamanan. MC ini akan berlangsung selama 12 (dua belas) kali pertemuan. Peserta diwajibkan untuk mengikuti semua perkuliahan untuk mendapatkan pemahaman yang utuh tentang keseluruhan perkuliahan. Adapun materi perkuliahan adalah sebagai berikut:

  • Materi Perkuliahan

Pertemuan      Materi Diskusi
1                     Sejarah ilmu-ilmu keislaman (Filsafat, fiqh, Ilmu Kalam [teologi]), dan lainnya)
2                     Perkembangan ilmu-ilmu keislaman
3                     Kemandekan ilmu-ilmu keislaman
4-5                  Metode memahami Al-Quran
6-7                  Metode Memahami Hadits
8-9                  Problematika pemahaman fiqh dan hukum Islam masa sekarang
10-11              Problematika pemahaman Ilmu Kalam (teologi) masa sekarang
12                   Akhlak dan tawasuf

  • Tempat, Waktu, dan Durasi Perkuliahan

Perkuliahan akan berlangsung mulai 24 Juni 2019 di ruang seminar ICAIOS. MC diadakan 1 (satu) minggu sekali pada setiap hari senin pukul 14.00 hingga menjelang Ashar. Perkuliahan bisa mendadak ditunda berdasarkan keadaan-keadaan darurat narasumber.

  • Jumlah Peserta dan Pendaftaran, Pengumuman seleksi

Jumlah peserta dibatasi maksimal 17 peserta. Semua calon peserta diharuskan mengirim surat lamaran/minat ke info@acehresearch.org dengan menyertakan dokumen-dokumen sebagai berikut.
1. Surat minat/motivasi sebanyak maksimal 700 kata.
2. Curriculum Vitae dengan memberikan tekanan pada sejarah pendidikan dan training yang diikuti.

Pendaftaran ditutup pada tanggal 17 Juni 2019. Kandidat yang diterima akan diberitahukan melalui email paling lambat tanggal 20 Juni 2019. Hanya kandidat yang diseleksi yang akan diberitahu.

  • Kriteria Peserta

1. Perkuliahan ini disarankan untuk pegiat sosial, mahasiswa magister dan doktor semua bidang, dosen, guru, para da’i, dan ASN.
2. Perkuliahan ini tidak diperuntukan untuk mahasiswa yang sedang mengambil studi Strata Satu (S1) semua bidang.
3. Bagi ASN harus melampirkan surat izin dari atasan untuk mengikuti 12 (dua belas) kali pertemuan. Harus dipertimbangkan bahwa 12 kali pertemuan mungkin      akan lebih dari 6 bulan karena kesibukan dan keadaan narasumber.

  • Biaya Pendaftaran

Perkuliahan ini gratis. Namun, untuk memastikan bahwa peserta menerima perkuliahan secara utuh (tidak terpotong-potong), Management ICAIOS memungut biaya Commitment Fee sebesar Rp. 600.000 (enam ratus ribu rupiah) dengan keterangan sebagai berikut:
1. Peserta yang dinyatakan lulus diharuskan menstransfer Commitment Fee ke rekening ICAIOS (nomor rekening akan diberitahukan kepada para peserta yang lulus seleksi).
2. Calon peserta tidak diizinkan mencicil pembayaran Comitment Fee.
3. Peserta akan menerima kembali seluruh Commitment Fee yang dibayar di akhir perkuliahan setelah dipotong biaya transfer ke rekening masing-masing peserta.
4. Penyelenggara akan memotong Commitment Fee sebesar Rp. 60.000 (enam puluh ribu Rupiah) setiap kali peserta tidak menghadiri perkuliahan karena alasan selain sakit atau kerabat dekatnya meninggal dunia.
5. Pada saat melamar, calon peserta harus menyertakan surat komitmen dan kesediaan membayar biaya Commitment Fee serta kesediaan terhadap pemotongan Commitment Fee.
6. Keluarga besar ICAIOS diizinkan untuk mengikuti perkuliahan tanpa harus membayar Commitment Fee. Namun, tetap tetap dikenangkan aturan-aturan lainnya seperti registrasi.
7. Seluruh peserta akan dikenakan biaya tambahan lainnya di luar Commitment Fee berdasarkan kesepakatan bersama di ruang perkuliahan.

Note
Perkuliahan ini hanya untuk mereka yang lulus seleksi dan bersedia membayar Commitment Fee dengan pemotongan untuk setiap perkuliahan yang ditinggalkan. Mereka yang tidak lulus seleksi atau tidak melamar sama sekali tidak diizinkan untuk menghadiri perkuliahan. Hal ini untuk menghindari kesalahpahaman akibat dari penerima perkuliahan yang tidak utuh dan menyeluruh.

MC