Rektor UIN Ar-Raniry Terima Tim ICAIOS dan ARICIS


[ICAIOS]- Rektor UIN Ar-Raniry, Prof. Farid Wajdi Ibrahim, menerima tim pengurus ICAIOS-ARICIS di ruang kerjanya, Selasa (16/01/2018). Audiensi ini dihadiri oleh beberapa akademisi UIN Ar-Raniry, Direktur  ICAIOS dan staf, serta timpanitia konferensi Ar-Raniry Internasional Conference on Islamic Studies (ARICIS). Turut hadir pula Wakil Rektor bidang Akademik UIN Ar-Raniry, Dr. Muhibbuthabry.

Dalam audiensi ini, Direktur ICAIOS, Dr.T. Zulfikar memaparkan bahwa maksud tim ICAIOS dan ARICIS bertemu dengan Rektor UIN Ar-Raniry selain untukbersilaturrahmi sekaligus juga membicarakan konferensi ICAIOS-VII yang akan digelar pada tahun 2018 bersamaan dengan konferensi ARICIS-II di UIN Ar-Raniry. Dr. Zulfikar juga mengatakan, ada dua opsi pemilihan waktu yang tepat untuk penyelenggaraan konferensi tersebut, yakni di bulan Agustus atau di bulan Oktober 2018. Karena pada bulan-bulan tersebut bertepatan dengan ulang tahun UIN Ar-Raniry dan perayaan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) di Banda Aceh.

Pada kesempatan ini Prof.Warid Wajdi menyambut baik rencana pelaksanaankonferensi dua tahunan ICAIOS VII dengan ARICIS-II yang diselenggarakan di UIN Ar-Raniry. Beliau menambahkan, tema-tema yang dibahas sebaiknya mengangkat isu-isu yang berkembang pada saat ini, seperti isu radikalisme dan intoleransi dalam agama.

“Ini salah satu bentuk jawaban kita terhadap maraknya isu-isu radikalisme-intoleransi, yang berkembang saat ini, dan itu sangat merugikan kita sebagai umat muslim, apa lagi di Aceh ini. Jadi, jika ada penelitian-penelitian positif tentang radikalisme ini harus disebarkan secara luas sebagai bentuk jawaban kita, supaya masyarakat membaca dan menilai bahwa itu tidak benar, dan itu sangat penting”,tegas Farid.

Menanggapi hal tersebut Dr. Saiful Mahdi juga sepakat untuk mengangkat tema-tema yang bernuasa radikalisme, dengan sajian ilmiah pada konferensi ICAIOS-VII kali ini.

“Selama ini kita hanya mengangkatisu konflik dan bencana saja di Aceh ini, padahal banyak tema-tema lain yang bisa kita angkat dan kaji lebih mendalam. Tak heran ketika Presiden Jokowi berkunjung ke negara-negara tetangga, tidak lupa mengajak peneliti asing untuk datang ke Indonesia dan sekaligus belajar proses perdamaian dan pasca bencana khususnya di daerah Aceh “, katanya .

Konferensi ICAIOS-VII direncanakan akan digelar di UIN AR-Raniry pada bulan Agustus tahun 2018. Konferensi kali ini, ICAIOS akan berkolaborasi dengan ARICIS-II. Pada pertemuan audiensi ini ICAIOS dan ARICIS-II sudah sepakat akan membahas tema: Islam, Social and Transitional Justice, juga terdapat sub tema lain yang saling berkaitan. Pada akhir pertemuanbanyak pihak berharap bahwa hasil-hasil kajian nanti harus ada keberlanjutannya melalui aktivitas-aktivitas  riset yang serius.

Penulis: Evi Susianti
Editor : Anton Widyanto

 banner 001

 

Call for Article
ICAIOS welcomes scholars and researchers to publish scientific or popular articles. See the article guideline HERE

Want to get more involved with ICAIOS activities?
If yes, complete the form here

Also check our latest Public Discussion and Guest Lecture Series videos
Subscribe us on Youtube  

 

 

 

 

Popular Article

"Cadarisme" dalam Islam Wasatiyyah
by : Nisa Khairuni
nisaa


Vitamin C untuk Penggemar MedSos
by : Rizanna Rosemary
buIjan edit


Habaib in Southeast Asia: A Review
by : Nia Deliana
nia


 

 

 

 

 

iconKM2

Links

logoGlobedlogo eossmeruccis logo newIDRPerakSmall logo1