Seri Kuliah Singkat Rangkang Manyang VI

Seri Kuliah Singkat ’Rangkang Manyang’ VI

Pelatihan Strategi Komunikasi Kebijakan

 

Fasilitator/Trainer: Dr. Anne Usher (wartawan dan kontributor lepas isu lingkungan dan konsultan media untuk Sumatera, Indonesia)

Informasi Kegiatan Dr. Anne Usher yang berkerjasama dengan US Embassy Indonesia, WALHI Aceh dan ICAIOS

Pengantar:

Isu lingkungan di Aceh saat ini merupakan isu yang paling hangat diperbincangkan dan didiskusikan banyak orang. Berbagai bencana baik banjir, longsor, kebakaran hutan, dan bencana lainnya yang disebabkan kerusakan lingkungan merupakan isu penting yang masih belum banyak mendapatkan perhatian berbagai pihak yang terlibat dalam sektor pengetahuan di Aceh, khususnya untuk isu lingkungan hidup.

Minimnya sinergitas berbagai sektor pengetahuan dalam masyarakat, yakni pemerintah, lembaga riset, LSM, media, dsb antara lain disebabkan rendahnya kemampuan sumber daya manusia lembaga-lembaga tersebut dalam menghasilkan informasi yang berkualitas dan terjangkau untuk khalayak sasaran secara umum (masyarakat) maupun khusus, yakni para pengambil kebijakan.

Dalam rangka menfasilitasi SDM Aceh yang memiliki pengetahuan dan kemampuan menciptakan strategi komunikasi kebijakan yang efektif, ICAIOS kembali mengadakan kegiatan Pelatihan Strategi Komunikasi Kebijakan

Tentang Fasilitator/Trainer:

Anne Usher adalah jurnalis media cetak dan multimedia dengan 15 tahun pengalaman kerja di organisasi media lokal maupun internasional. Anne pernah tinggal di beberapa negara di Asia, Eropa, dan Timur Tengah, termasuk negara-negara di benua Afrika. Pengalaman karir professional Anne adalah di hubungan internasional dan isu utama global, dan pengetahuan budaya regional. Saat ini Anne sedang meniti karir di bidang pengembangan konservasi internasional, dan tertarik untuk mengaplikasikan lemampuan komunikasi dalam resolusi konflik dan pembuat kebijakan. Untuk itu, Anne sedang melanjutkan study dalam kajian “ancaman dan solusi konservasi global”. Informasi detail tentang Anne Usher dapat dilihat melalui link: http://anneusher.wordpress.com/about-me/

Tentang Rangkang Manyang:
Seri Kuliah Rangkang Manyang adalah tradisi kuliah/training/workshop singkat yang dikembangkan ICAIOS untuk menyediakan kesempatan belajar bersama secara intensif tentang topik tertentu bagi akademisi dan peneliti di Aceh. Kuliah diisi ahli dari dalam dan luar negeri dalam topik yang menjadi fokus ICAIOS atau sesuai kebutuhan penerima manfaat di Aceh. Nama rangkang manyang diambil dari institusi belajar informal yang penah berkembang di Aceh yang dimulai dengan rangkang beut (balai pengajian pendahuluan) di gampong. Rangkang manyang adalah pendidikan lanjutan yang menghimpun peserta dari rangkang beut yang berbeda.

Call for Article
ICAIOS welcomes scholars and researchers to publish scientific or popular articles. See the article guideline HERE

Want to get more involved with ICAIOS activities?
If yes, complete the form here

Also check our latest Public Discussion and Guest Lecture Series videos
Subscribe us on Youtube  

 

iconKM2

Links

logoGlobedlogo eossmeruccis logo newIDRPerakSmall logo1