Rangkang Manyang VIII

The Lecture Series ’Rangkang Manyang’ VIII
Understanding Social Phenomenon through Ethnography
(Memahami fenomena sosial melalui Etnografi)

Penelitian Etnografi merupakan penelitian yang dilakukan untuk memahami kondisi sebuah masyarakat dan segala dinamika dan kompleksitas yang dimilikinya. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif, dimana data diperoleh melalui usaha pemahaman terhadap tingkah laku, pengalaman dan juga pendapat sekelompok orang. Hal ini dikarenakan pendekatan kualitatif, melalui penelitian etnografi-nya meyakini bahwa pengalaman manusia itu merupakan sumber ilmu. Oleh karena itu, para ethnographer percaya bahwa melalui pemahaman mengenai pengalaman seseorang, mereka akan mampu memahami dan menerjemahkan fenomena yang terjadi. Etnografi juga meyakini bahwa fenomena sosial yang terjadi saling memiliki keterkaitan satu sama lain. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan secara holistik, yaitu berusaha menemukan benang merah mengenai kejadian tertentu. Penelitian Etnografi menggunakan beberapa metode pengumpulan data, seperti wawancara mendalam, observasi dan juga menganalisa beberapa dokumen yang berhubungan dengan masalah yang sedang diteliti.

Pelatihan ini adalah pelatihan tingkat lanjut (advanced short course) yang bertujuan untuk memberi kesempatan kepada para profesional di bidang mereka masing-masing dan juga mahasiswa untuk belajar lebih mendalam mengenai penelitian etnografi. Pelatihan ini sengaja ditawarkan untuk mempersiapkan para ethnographer muda di Aceh agar mampu melakukan Penelitian Etnografi secara tepat, dan juga memberikan kesempatan kepada para Ethnographer senior untuk mengembangkan kemampuan etnografi nya.
Pelatihan ini akan difasilitasi oleh seorang ethnographer yang sudah sangat berpengalaman di dalam melakukan Penelitian Etnografi baik di Aceh maupun di wilayah lain. Dengan demikian, pelatihan ini diharapkan mampu menghasilkan para ethnographer yang juga mampu melakukan Penelitian Etnografi secara mandiri.

Fasilitator/Trainer: Dr. Annemarie Samuels (University of Amsterdam, the Netherlands)
Dr. Annemarie Samuels joined the AISSR as a postdoctoral researcher in 2012. In November 2012 she received her PhD in Cultural Anthropology and Development Sociology at Leiden University (with distinction).  Her dissertation, entitled ‘After the Tsunami: the Remaking of Everyday Life in Banda Aceh, Indonesia’, is based on 13 months of ethnographic research in the city of Banda Aceh, which was hard hit by the 2004 Indian Ocean tsunami. Elaborating on the theoretical concept of subjectivity, her dissertation draws attention to the roles of narrative, embodiment, religion, memory and temporality in the process of remaking the post-disaster everyday. Her current research project focuses on morality, subjectivity, HIV/AIDS and the body in North Sumatra and Aceh.

Jadwal/Tempat Pelatihan
Sesi 1: Senin, 28 April 2014 from 08.30-17.30
Sesi 2: Senin, 5 Mei 2014 from 08.30-17.30
Sesi 3: Senin, 19 Mei 2014 from 08.30-17.30
Pelatihan akan dilaksankan di Ruang Seminar ICAIOS, Darussalam

Proses Pelatihan
Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap. Tahap pertama dilaksanakan pada hari Senin 28 April. Dalam tahapan ini, fasilitator penelitian akan menjelaskan konsep-konsep Penelitian Etnografi dan juga membimbing cara mendesain proposal penelitian. Peserta memiliki waktu 7 hari untuk merancang sebuah proposal penelitian mini, dan proposal tersebut akan dibahas selama pelatihan tahap kedua, yang akan dilakukan pada tanggal 5 Mei. Setelah proposal didiskusikan dalam pelatihan tahap kedua, peserta memiliki waktu 2 minggu untuk melakukan penelitian, dan menulis laporan untuk kemudian sama-sama didiskusikan dalam pelatihan tahap ketiga, yaitu pada tanggal 19 Mei 2014.

Peserta
Pelatihan ini hanya untuk 20 peserta. Jika peminat lebih dari 20 orang, maka akan dilakukan seleksi secara terbuka. Pelatihan ini sangat sesuai untuk peneliti Ilmu Sosial secara umum, dosen dan mahasiswa program S2 dan S3 dalam berbagai disiplin, khususnya Ilmu Politik, Studi Islam, Hubungan Internasional, Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi, dan Komunikasi. Pelatihan ini juga sesuai untuk guru, aktivis masyarakat sipil, dan staf pemerintah yang sedang atau akan melakukan penelitian sosial.

Hak Peserta
1. Peserta penelitian akan mendapatkan kesempatan untuk mempelajari model Penelitian Etnografi
2. Peserta akan dibimbing untuk mendesain proposal penelitian
3. Peserta akan mendapatkan sertifikat dari ICAIOS
4. Peserta akan mendapatkan softcopy dari materi pelatihan

Kewajiban Peserta
1. Mendaftar dengan mengisi formulir
2. Membayar biaya pelatihan sebesar Rp. 300.000
3. Mengikuti pelatihan secara penuh waktu (dari pukul 08.30-17.30) untuk ketiga sesi pelatihan yang sudah ditetapkan (tanggal 28 April, 5 Mei, dan 19 Mei 2014)
4. Membuat proposal penelitian mini setelah pertemuan pertama
5. Melakukan penelitian mini selama 2 minggu dan menulis laporan penelitian

Fasilitas:
Dalam setiap sesi pelatihan, peserta akan mendapatkan:
1 x makan siang, 2 x coffee break, dan ruang seminar yang nyaman

Registrasi:
ICAIOS, Annex Building, Komplek Gedung PPISB Unsyiah, Darussalam, Banda Aceh, e-mail: info@acehresearch.org atau lewat HP 082365255500. Silahkan memasukkan lamaran paling lambat Kamis, 24 April 2014, pukul 15.00. Peserta terbatas untuk 20 orang.

Call for Article
ICAIOS welcomes scholars and researchers to publish scientific or popular articles. See the article guideline HERE

Want to get more involved with ICAIOS activities?
If yes, complete the form here

Also check our latest Public Discussion and Guest Lecture Series videos
Subscribe us on Youtube  

 

iconKM2

Links

logoGlobedlogo eossmeruccis logo newIDRPerakSmall logo1